Thursday, December 21, 2017

Tips Supaya Lulus Tes Penerimaan Mahasiswa Universitas Terbaik

Momen menunggu kelulusan Ujian Nasional menjadi satu momen yang sangat ditunggu sekaligus mendebarkan. Betapa tidak, tiga tahun mengenyam pendidikan akhirnya akan ditentukan saat pengumuman ini. 

Namun, yang tak kalah mendebarkan selain pengumuman hasil UN adalah pengumuman penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Terbaik yang ada di Indonesia, seperti Universitas Indonesia. Betapa bahagianya jika kita berhasil masuk Universitas impian, namun rasa kecewa dan sedih pasti terjadi jikalau kita gagal masuk ke sana.

Tentunya kita tidak mau gagal masuk Universitas terbaik bukan? Oleh karena itulah kita butuh persiapan yang matang agar semua tes bisa dilalui dengan baik dan hasilnya pun tidak mengecewakan. 

Berikut ini adalah beberapa tips supaya lulus tes penerimaan mahasiswa Baru, diantaranya sebagai berikut:
  • Pertama, yakin dengan pilihan universitas dan juga jurusan yang dipilih. Ini sangat penting agar kita memiliki semangat untuk meraih kunci masuk gerbang universitas yang diinginkan. Pilihan jurusan pun harus ditentukan sesuai dengan keinginan kita sendiri, bukan karena ikut – ikutan teman. Jurusan yang dipilih harus sesuai dengan minat dan kemampuan kita.
  • Kedua, buat persiapan sejak awal masuk kelas XII. Ini juga penting supaya kesempatan kita belajar bisa lebih banyak ketimbang belajar di saat waktu tes semakin dekat. kita bisa meminta bimbingan belajar pada guru atau khusus mengikuti lembaga bimbingan belajar untuk persiapan tes masuk perguruan tinggi.
  • Ketiga, buat jadwal belajar dan tetap disiplin. Jika sudah waktunya belajar, maka belajarlah. Sekali saja kita ingkari jadwal tersebut, maka akan ada kesmepatan untuk mengingkari waktu belajar lagi dan lagi, akhirnya, nanti jam belajar kita makin berkurang.
  • Keempat, beli buku yang didalamnya berisi soal tes penerimaan mahasiswa baru. Biasanya soal yang sama atau serupa bisa muncul kembali di tahun berikutnya, sehingga ini bisa jadi persiapan yang baik.

Dapat memiliki kesempatan masuk universitas terbaik adalah kebahagiaan yang sangat berharga. Disinilah kita akan memperoleh ilmu yang lebih dalam dan banyak hingga pada akhirnya berhasil lulus dengan nilai yang baik untuk kemudian ilmu tersebu diamalkan dengan baik dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment