Tuesday, July 16, 2019

Banyak Tawaran Pinjaman Online, Hati-Hati Jebakan Rentenir Online!

pinjaman online bunga rendah
Di era internet ini kanal pinjaman online bunga rendah semakin banyak tersedia. Dulu kita hanya mengenal bank, lembaga pembiayaan (multifinance), dan koperasi, maka di era internet ini kita mengenal peer to peer lending, fintech lender, dan fintech aggregator. Kemudahan memperoleh pinjaman ini akan menguntungkan bagi mereka yang memang sangat membutuhkan dana cepat. Di sisi lain, kemudahan ini membuat seseorang bisa lebih mudah terbelit hutang tak berujung apabila dalam prosesnya kurang berhati-hati. 

Salah satu hal yang harus Anda waspadai adalah kehadiran rentenir online. Untuk menghindarinya, ada baiknya kalau Anda mengetahui ciri-ciri rentenir online yang akan diuraikan di bawah ini.
pinjaman online bunga rendah
Mudah Pengajuan nya

Mengajukan pinjaman pada rentenir online itu lebih mudah ketimbang mengajukan kredit tanpa agunan di bank. Soalnya rentenir online tidak melakukan BI checking atau periksa kredibilitas kredit. Makanya pengajuan pinjaman bisa diproses dalam waktu kurang dari sehari. Enak banget kan? Namun, kemudahan ini nyatanya cuma enak di awal. Nantinya, begitu sudah tersendat-sendat bayar nya alias macet, baru Anda merasakan tidak enaknya.

Bunga Pinjaman Sangat Mahal

Ini adalah ciri utama rentenir atau shark loan. Mereka mematok biaya pinjaman atau bunga di luar batas kewajaran. Misalnya, 1% per hari bahkan ada yang mematok bunga 1% tiap 12 jam. Mereka berani memasang bunga tinggi karena iming-iming persyaratan mudah dan pencairan dana pinjaman nan cepat. Kalau kasusnya seperti ini, Anda harus benar-benar mengecek pinjaman online bunga rendah tersebut apakah diawasi OJK atau tidak.

Selalu Dapat Review Buruk

Hampir semua rentenir online pasti mengharuskan Anda buat install aplikasi mereka yang ada di Play Store. Di sana Anda bisa tahu seperti apa pengalaman orang-orang selama menggunakan aplikasi pinjaman tersebut. Ciri-ciri kalau pemberi pinjaman atau kreditur online tersebut adalah rentenir online, bisa dikenali dari review-review negatif yang mereka dapat. Kalau lebih sering dapat review negatif ketimbang review positif, bisa dipastikan pemberi pinjaman itu adalah rentenir online.

Nah, demikianlah beberapa jebakan rentenir online yang seharusnya Anda ketahui dan waspadai. Meskipun pinjaman online bunga rendah semakin mudah didapatkan melalui fintech, ada baiknya kalau Anda mengecek dulu apakah diawasi OJK atau tidaknya supaya aman dan tidak dikejar-kejar hutang. 

No comments:

Post a Comment