Sunday, January 7, 2018

Jenis Permainan Olahraga Tradisional Yang Mulai Dilupakan

permainan olahraga tradisional

Kita terkadang sering melupakan sesuatu hal yang dianggap tidak berarti padahal sesuatu yang kita anggap kecil tersebut, sejatinya adalah merupakan penyebab adanya sesuatu hal yang lebih besar. Salah satu hal yang saat ini mungkin banyak orang lupakan adalah tentang berbagai jenis permainan olahraga tradisional yang dimiliki oleh Indonesia. 

Padahal, banyak sekali jenis permainan olahraga yang saat ini ada, seluruhnya bersumber dari jenis permainan olahraga tradisional tersebut. Oleh sebab itu, marilah kita bersama – sama untuk senantiasa menjaga kelestarian berbagai permainan olahraga tradisional tersebut, agar keberadaannya bisa terjaga sepanjang masa. 

Sangat banyak jenis permainan olahraga tradisional asal Indonesia yang sudah kita lupakan. Pada artikel kali ini, kita hanya akan membahas sebagiannya saja, karena satu dan lain hal yang menyebabkan kita tidak bisa seluruhnya diulas secara mendalam.
permainan olahraga tradisional
Ada beberapa jenis permainan olahraga tradisional yang saat ini sudah hampir dilupakan oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Mereka lebih konsentrasi kepada berbagai hal yang berbau modernitas semata, sementara hal – hal yang bersifat tradisional sudah mulai mereka lupakan. Adapun beberapa permainan olahraga tradisional yang saat ini sudah hampir dilupakan oleh manusia adalah sebagai berikut :
  • Permainan Olahraga Tradisional Benteng, yaitu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup. Masing – masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar sebagai benteng. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih benteng lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakan kata benteng.
  • Egrang. Pada umumnya jumlah pemainnya sebanyak 2 – 6 orang pemain. Permainan olahraga tradisional ini pada intinya adalah sebuah perlombaan lari dengan menggunakan alat utama berupa dua batang bamboo bata yang relative lurus denagn panjang 1.5 hingga 3 meter.

Demikianlah dua jenis permainan olahraga tradisional yang saat ini hampir sudah tidak mendapat tempat di hati masyarakat,apalagi masyarakat perkotaan. Sebetulnya masih ada lagi jenis permainan olahraga tradisional yang saat ini hampir dilupakan diantaranya yaitu galah asin, gasing, panthol, serimbang, zawo zawo, geudeu geudeu, sampyong, patok lele, pacu jalur dan sebanting. 

Seluruh jenis olahraga tradisional tersebut bisa anda ketahui dengan mengunjungi website Sahabat Nestle yang memuat tentang informasi penting sehubungan dengan berbagai jenis permainan olahraga tradisional yang dimiliki oleh Indonesia.

No comments:

Post a Comment