Friday, November 9, 2018

Artificial Intelligence Diprediksi Akan Menjadi Tren Teknologi Terbaru 2018


Perkembangan teknologi memang telah berkembang dengan pesatnya. Bahkan teknologi yang berbasis artificial intelligence telah menjadi tren sepanjang tahunnya. Artificial intelligence atau yang lebih dikenal dengan kecerdasan buatan merupakan teknologi yang membantu manusia dalam melakukan suatu pekerjaan agar lebih efisien. 

Teknologi ini banyak dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar dibidangnya mengingat teknologi ini akan sangat diperlukan pada berbagai sektor. Bahkan Artificial Intelligent telah diprediksi akan menjadi tren teknologi terbaru 2018 yang akan dikenal dan dimanfaatkan oleh banyak orang.

Berikut adalah 10 daftar teknologi terbaru 2018 yang sangat populer:


Perangkat pintar


Perangkat pintar merupakan teknologi yang sangat populer dimana perangkat ini bisa beroperasi tanpa bantuan manusia. Untuk bisa dioperasikan perangkat ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Contoh dari perangkat pintar adalah mobil swakemudi, smart television, speaker pintar, dan drone.

Cloud Edge Computing


Munculnya teknologi ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan sistem komputasi jaringan dalam mengatasi beban data. Cloud Edge Computing adalah gabungan dari cloud dan edge yang mana akan memberikan sistem pengiriman yang lebih aman dan efisien.

Artificial Intelligence


Pengembangan teknologi ini diharapkan mampu membantu dalam mengumpulkan informasi seperti mengambil keputusan, pengalaman pelanggan, serta menemukan model bisnis. Contoh dari Artificial Intelligence adalah robot, smart advisor, dan mesin pintar.

Admin Virtual


Admin virtual dibuat untuk memecahkan masalah mengenai layanan call center 24 jam yang biasanya tidak ada yang menjawab. Teknologi ini berbasis kecerdasan buatan yang lebih efisien dan hemat biaya.

Pengambil keputusan bisnis

Teknologi pengambil keputusan ini sering dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Aplikasi pintar


Aplikasi pintar biasa disematkan pada perangkat pintar seperti handphone dan laptop. Aplikasi ini akan memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu contoh dari aplikasi pintar adalah microsoft office.
Continous Adaptive Risk and Trust Assessment (CARTA)
Teknologi ini merupakan teknologi keamanan berbasis kecerdasan buatan yang mampu menganalisis dan memantau keamanan dalam waktu hitungan detik sebelum terjadi penyerangan.

Blockchain


Teknologi ini merupakan teknologi yang biasa dipakai dalam mencatat transaksi dalam jaringan bitcoin. Pada tahun berikutnya, blockchain diharapakan dapat mencakup keamanan, analisis, database, identitas, dan manajemen moneter.

Digital twins


Teknologi ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan suatu operasi digital yang mengamati miliaran lalu lintas setiap detiknya.

Virtual Reality dan Augmented Reality


Gabungan dari Virtual Reality dan Augmented Reality telah bisa kita rasakan pada permainan 

Pokemon Go dan live streaming Snapchat.

Demikian adalah penjelasan mengenai 10 teknologi terbaru 2018 yang menjadi tren teknologi terkini.

No comments:

Post a Comment