Tuesday, November 27, 2018

Cara Penyajian Yang Benar Memberikan Makanan Pada Bayi

menu sehat
Saat bayi sudah memasuki usia enam bulan, maka bayi tidak hanya membutuhkan air susu ibu saja, atau air susu formula saja. melainkan bayi juga sudah membutuhkan makanan pendamping asi. Tentunya untuk memberikan makanan pertama kalinya kepada bayi kita harus berhati hati. Hal ini karena kita harus benar benar menyiapkan makanan yang bisa diterima dan dicerna oleh pencernaan bayi yang belum terbiasa mencerna makanan. Yang paling utama untuk bayi adalah anda harus menyiapkan makanan dengan menu sehat akan tetapi menu yang sehat itu tidak bisa disajikan begitu saja. 

Ada beberapa cara penyajian yang benar untuk membuat makanan pendamping asi untuk bayi. Di antaranya adalah :
menu sehat

Sajikan dalam bentuk cair

Saat bayi pertama kali mengonsumsi makanan, maka sajikan makanan itu dalam bentuk cairan. Caranya adalah dengan buat makanan dengan diblender seperti jus, kemudian saring hingga yang diberikan kepada bayi adalah air dari hasil penyaringannya saja. Hal ini diberlakukan untuk menjaga pencernaan bayi supaya tidak shock. Karena selama 6 bulan bayi terbiasa dengan minum susu yang cair, maka perkenalkan makanan juga dengan yang cair terlebih dahulu.

Sajikan dalam bentuk bubur kental halus

Kemudian selanjutnya jika anak sudah bisa mencerna makanan barunya dengan baik, anda bisa pelan pelan memberikan anak makanan dalam bentuk bubur kental yang halus. Bubur kental halus ini bisa berupa bubur bayi yang instan seperti produk dari nestle. Meski instan nestle adalah bubur bayi yang mengandung menu sehat. Bubur bayi ini bisa juga anda buat sendiri dari tepung beras atau dari nasi yang dicairkan. Pastikan dulu jika teksturnya benar benar halus.

Bubur bertekstur

Baru setelah anak mulai beranjak besar dan sudah terbiasa dengan makan bubur anda bisa memperkenalkan anak anda pada bubur yang sidikit bertekstur. Misalnya dengan membuat bubur nasi ditambahkan dengan cincang daging ayam yang lembek. Atau anda juga bisa membuat campuran bubur nasi dengan sayuran lainnya.

Itulah beberapa cara penyajian menu sehat untuk bayi yang baru diperkenalkan dengan makanan.

No comments:

Post a Comment