Monday, November 28, 2016

Kelas Internasional Program Sarjana Komunikasi


Kelas Internasional Program Sarjana Komunikasi
Perkembangan ilmu dan teknologi semakin pesat sehingga memaksa manusia untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia. Hal tersebut karena untuk mengimbangi kemajuan IPTEK sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan. Salah satu cara untuk meningkatkan SDM adalah pendidikan. Oleh karena itu Universitas Indonesia membuka program sarjana kelas internasional yang lebih dikenal dengan Indonesia University.

Banyak jurusan yang dibuka di Indonesia University ini, misalnya jurusan kedokteran, komunikasi, teknik dan masih banyak jurusan yang lainnya. Di kelas internasional ini akan mendapatkan dua gelar yaitu gelar dari UI dan gelar dari universitas mitra. Program dengan dua gelar ini menawarkan pengalaman belajar yang kaya dengan adanya kegiatan belajar yang dilakukan di dua negara yang berbeda. Misalnya Program Sarjana Kelas Internasional Ilmu Komunikasi. 

Program ini dirintis sejak tahun ajaran 2010/2011 oleh Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI. Departemen Ilmu Komunikasi termotivasi untuk membangkitkan pendidikan berbasis internasional dengan menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kapasitas dengan daya saing global. Syarat untuk mengikuti kelas internasional memiliki toefle minimal 500 atau IELTS sebesar 5,5 dengan masa studi 3,5 – 4 tahun (2 tahun di UI dan 1,5-2 tahun di Universitas Mitra). 

Gelar yang diperoleh untuk jurusan komunikasi adalah Sarjana Sosial (S.Sos) dari Universitas Indonesia dan Bachelor of Communication (B.Commun) dari University of Queensland, Bachelor of Arts (B.A) dari Curtin University, dan Bachelor of Arts (B.A) atau Bachelor of Communication (B.Comm) atau Bachelor of Creative Arts dari Deakin University. Biaya yang dikenakan adalah untuk Tuition Fee sebesar Rp27.500.000,00, Admission Fee : Rp15.000.000,00, biaya kuliah di Australia sebesar AU$ 23.000,00 – 30.000,00/year dan biaya hidup di Australia : AU$ 18.000,00- 20.000,00/year.

Demikianlah perincian pendidikan di Indonesia University yang merupakan kerjasama antara UI dan universitas mitra. Hal tersebut untuk mewujudkan visi dan misi UI sebagai “World Class University” yang melihat fenomena yang terjadi pada industri komunikasi, serta semakin tingginya tuntutan globalisasi baik di dalam maupun luar negeri. 

Jadi Anda tidak perlu jauh-jauh mendaftar ke luar negeri demi mengenyam pendidikan ilmu Komunikasi di luar negeri. Cukup daftar ke UI dengan mengambil program kelas internasional Anda sudah mendaftarkan diri ke universitas luar negeri.








No comments:

Post a Comment